Membeli Barang Bekas atau Baru?

memilih barang bekas atau baru?

Pernah gak sih ketika kita lagi butuh banget dengan suatu barang misalnya Hp kita rusak dan sangat perlu untuk mengganti Hp namun barang yang kita butuhkan tersebut harganya diluar budget yang ada. membeli barang bekas atau baru? Solusi dari banyak orang adalah dengan membeli barang bekas. Dengan membeli barang bekas kita bisa mendapatkan barang yg kita mau dengan harga yang relatif dibawah harga barang tersebut jika masih baru.

akan tetapi membeli barang bekas juga banyak resikonya. kondisi barang belum tentu baik seutuhnya. terkadang kita bisa mendapati cacat pada barang tersebut. ditambah jika kita ingin membeli barang bekas tersebut di marketplace yang basisinya online. Kita tidak bisa langsung cek barang yang kita inginkan secara fisik.

Ditambah dengan kemungkinan barang yang kita beli tersebut apakah barang orisinal atau kw maka banyak orang yang enggan membeli barang bekas.

Apakah layak membeli barang bekas?

jawaban singkatnya adalah sangat tergantung dengan barang apa yang kita beli, lama pemakaian, kondisi dan harga barang bekas tersebut. Jika barang bekas yang akan kita beli contohnya adalah Hp dengan kebutuhan kita digunakan untuk mengirim pesan atau chatting. Maka membeli Hp keluaran lama yang sudah tidak support untuk aplikasi chatting maka sangat tidak layak.

Kondisi barang bekas juga perlu diperhatikan apakah layak untuk dibeli atau mengumpulkan lagi uang tabungan agar cukup membeli barang yang baru. Untuk hal ini kita harus sangat teliti dan jangan malu – malu bertanya kepada penjual tentan kondisi sebenarnya barang bekas yang akan kita beli.

Mendapatkan harga barang bekas yang jauh dibawah harga barunya dengan kondisi yang masih bagus sepeti mendapatkan jarum ditumpukan jerami. banyak usaha yang harus dilakukan. terkadang barangnya bagus tapi harganya nyaris sama dengan yang baru atau harganya murah banget tapi kondisinya sudah tidak 100%. Jadi memang harus banyak riset sana sini dan mencari di berbagai marketplace.

Seperti yang kita ketahui saat ini. marketplace yang ada di Indonesia sekarang sudah sangat banyak. Dengan banyaknya marketplace tersebut maka pilihan barang yang kita inginkan pun menjadi banyak pula. Hal ini akan sangat memudahkan kita dalam memilih barang – barang bekas yang memang masih baik kondisinya dan tentunya berkualita.

Jadi apakah harus membeli barang bekas atau baru?

ini tipsnya antara memilih untuk membeli barang bekas atau baru. Beli barang bekas jika kamu…

1. Menginginkan harga yang lebih murah

Dengan membeli barang – barang bekas tentunya kamu akan mendapatkan barang – barang yang harganya lebih murah dari barang dalam kondisi baru. Ini adalah alasan pertama orang mencari dan membeli barang bekas. Mereka bisa mendapatkan barang yang masih OK dan tetap memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk kebutuhan lain (atau membeli barang bekas lain).

2. Ingin berhemat

memebeli barang baru tapi masih pikir – pikir apakah uangnya cukup kalaupun uangnya cukup apakah kebutuhan lain terpenuhi atau tidak. Ada baiknya memilih untuk membeli barang bekas. Dengan membeli barang bekas kita bisa mendapatkan barang dengan kondisi apik dengan harga yang dibawah harga barunya. Dengan demikian kita tidak pusing lagi untuk berhemat dan menggunakan sisa uangnya untuk kebutuhan lainnya.

3. Ingin barang branded

kalau kamu menginginkan barang – barang branded atau ber-merk tapi budget pas – pasan solusinya adalah dengan membeli barang bekas. kamu bisa mendapatkan barang – barang branded dengan harga yang lebih murah jika kamu membeli nya dalam kondisi bekas.

Tentu saja kamu harus tetap memperhatikan barang apa yang kita beli, lama pemakaian, kondisi dan harga barang bekas tersebut. Jangan karena brang branded dan tergiur harga murah kita jadi lupa segalanya.

4. Ingin mendapat barang koleksi

Bagi penggiat hobi mengkoleksi barang. Untuk mendapatkan barang – barang yang sudah tidak diproduksi jalan terbaik adalah dengan mencari barang bekas. Cara yang relatif lebih mudah dilakukan ketimbang harus mencari barang lama dengan kondisi yang bau.

5. Ingin kepuasaan batin

Mendapatkan barang bekas dengan kondisi nyaris sama dengan barunya tapi dengan harga yang jauh lebih murah adalah alasan banyak orang mencari barang bekas. Cukup sulit memang karena barang dengan kondisi baik dan harga yang murah pasti cepat lakunya. Tapi kalau kita berhasil menemukan barang bekas seperti ini rasanya sangat menyenangkan.

Kesimpulan

Itu tadi artikel tentang membeli barang bekas atau baru? dari julooid. Pilihan apakah membeli barang baru atau bekas bakal kembali ke kebutuhan kamu. Jika merasa ribet dan gak mau buang – buang waktu untuk mencari dan cek kondisi barang maka barang baru jawabannya. palagi jia uang mu berlebih. Tapi jika alasan kamu seperti alasan membeli barang bekas yang sudah dijelaskan diatas maka membeli barang bekas adalah pilihan yang bijak.