Bagaimana Cara Agar Terhindar dari Penipuan Online

cara agar terhindar dari penipuan belanja online

Dijaman serba internet sekarang semua yang ingin berbelanja benar – benar dimudahkan dengan fasilitas – fasilitas perbelanjaan. Pembeli atau costumer tidak perlu keluar rumah untuk bisa mendapatkan barang kebutuhan yang diinginkan. cukup berbekal smartphone atau PC yang terhubung dengan internet. Kita bisa dengan mudah memesan barang – barang kebutuhan melalui genggaman tangan. Bahkan barang yang kita pesan online pun akan tiba di rumah seusai dengan pesanan. Tapi tunggu dulu, karena belanja online juga mempunyai resiko penipuan. Lalu bagaimana Cara Agar Terhindar dari Penipuan Online?

Berbelanja online kelihatannya menyenangkan bukan? bisa iya dan bisa tidak. Belanja online bisa sangat menyenangkan jika tidak ada kendala dan barang yang kita pesan telah sampai di tangan kita dan sesuai dengan apa yang kita pesan. Lain halnya jika pesanan tidak kunjung datang atau malah parahnya lagi barang yang kita pesan ternyata memang tidak dikirim oleh si ‘penjual’ padahal uang sudah kita kirim. Jangan sampai hal ini terjadi.

Jadi apa yang sebaiknya kita lakukan ketika membeli barang – barang kebutuhan melalui internet agar terhindar dari penipuan? baca sampai habis tips dan trik dari julooid agar kamu terhindar dari penipuan jual beli online.

1. Pastikan bahwa kamu membeli dari marketplace terpercaya

Hal paling mendasar agar terhindar dari penipuan belanja online adalah memilih marketplace yang terpercaya. Marketplace adalah layaknya pasar tempat kita mencari barang. Sampai dengan tahun 2019 ini di Indonesia saja sudah sangat banyak bermunculan marketplace yang memudahkan kita dalam berbelanja baik untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, hoby, dan lain lain. Masing – masing marketplace tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing dan promo yang diberikan juga berbeda – beda jadi sesuaikan dengan kebutuhan ya.

6 e commerce dengan kunjungan terbanyak di Indonesia

sumber : databoks.katadata.co.id

Apakah dengan berbelanja di marketplace yang terpercaya sudah membuat kita terhindar dari penipuan belanja online? jawabannya belum. Karena marketplace kebanyakan hanya sebagai perantara alias orang ketiga atau sebgai penghubung antara penjual dan pembeli. Marketplace diibaratkan sebgai penyedia tempat kita untuk tawar menawar online. jadi kita tetap harus teliti dalam menemukan penjual yang menggunakan layanan di marketplace tersebut. Bagaiaman menentukan penjual yang memang bisa dipercaya dan tidak? baca di tips nomor 2

Apakah berbelanja bukan di marketplace membuat kita menjadi korban penipuan belanja online? besar kemungkinan ya. Berbeda dengan marketplace yang memang mengkhususkan diri sebagai tempat berbelanja online. Maka kita dapat menemukan fitur – fitur yang memudahkan kita untuk menentukan rating atau tingkat kepercayaan dan kepuasaan pelanggan terhadap penjual tersebut. Beda halnya dengan jika kita tidak berbelanja di situs yang bukan khusus marketplace. Contohnya jika berbelanja di Facebook atau Instagram yang pada dasarnya merupakan situs berbagi cerita atau status dan bukan khusus untuk marketplace. Sehingga akan cukup sulit untuk menelusuri riwayat si penjual. Kecuali memang kamu benar- benar yakin dengan penjual tersebut.

2. Telusuri riwayat penjual di marketplace tersebut

pelapak bukalapak

contoh rating dibukalapak

Baik membeli di marketplace terpercaya ataupun membeli di situs jual beli lokal seperti grup facebook. Wajib hukumnya untuk menelusuri riwayat atau profil si penjual. Cek rating dan ulasan yang diberikan oleh pembeli lainnya. Dengan begitu kita bisa mengira – ngira apakah layanan yang diberikan sudah bagus atau tidak.

Lalu bagaimana dengan penjual yang baru membuka tokonya dan belum memiliki rating atau ulsana di marketplace tersebut? kami sarankan untuk mencari terlebih dahulu penjual lain yang menjual barang yang sama namun memiliki rating dan ulasan yang sudah ada dan baik. karena setidaknya sedikit mengurangi resiko penipuan. Disini lah bagusnya marketplace terpercaya. sebagai pihak ketiga jika kita mengalamai penipuan maka kita bisa mengajukan pembatalan pesanan kepada penjual. berbeda halnya dengan jika kita belanja di Instagram atauapun Facebook. Dengan syarat – syarat dan ketentuan yang berlaku di marketplace tersebut tentunya.

contoh ulasan di bukalapak

contoh ulasan di bukalapak

Cek ulasan yang diberikan pembeli lain di profil penjual apakah ulasana yang diberikan baik atau buruk. Bisa saja penjual memang mengirimkan barang yang kita pesan tepat waktu. Namun, ternyata barang yang kita mau berbeda warnanya atau berbeda ukurannya maka tentu saja itu dapat memberikan rating yang jelek terhadap penjual.

3. Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Tips selanjutnya yang sering sekali membuat banyak orang tertipu adalah dengan iming – iming harga murah. Harus diakui kalau tawaran harga murah selalu membuat calon pembeli tergiur dan sesegera untuk menekan tombol checkout tapi sekali lagi luangkan waktumu untuk melihat lihat produk sejenis di lapak lain apakah wajar dengan harga yang tercantum sebelumnya. Jika kamu ragu ditambah tidak ada rating atau ulasan yang membantu, maka sbaiknya hindari membeli dari pedagan tersebut.

Sebagai contoh harga sebuah konsol game XBOX ONE S baru berkisar antara Rp 3.200.000 sampai Rp 5.000.000. Apabila kamu menemukan harga XBOX ONE S baru seharga Rp 1.000.000 maka dengan berat hati kami katakan bahwa itu tidak mungkin.

Mendapatkan barang dengan harga murah selalu menjadi kesenangan tersendiri karena kita bisa berhemat dan uangnya bisa untuk digunakan kebutuhan lainnya. Alih – alih berhemat jika kita tidak cermat, maka bukan barang yang akan didapat. Selalu berpikir jernih dan tidak gampang tergoda. Jika menginginkan harga yang murah bisa dengan cek diskon atau promo di marketplace tersebut. karena setipa marketplace memiliki promo dan diskon yang berbeda – beda.

4. Pastikan baca deskripsi barang yang dijual dengan seksama

Terkadang karena terlalu senang melihat barang yang diinginkan dengan harga murah. Kita tidak teliti membaca deskripsi barang yang tercantum di lapak pedagang. Niat hati ingin membeli barang yang New sampai dirumah malah dapat barang yang second. Kalau sudah beigini bukan salah si penjual. melainkan salah kita sendiri karena tidak cermat dalam berbelanja.

Contoh lain adalah ketika ingin membeli barang bekas bberkualitas. Membeli barang bekas di marketplace online harus sangat teliti. karena namanya barang bekas kita tidak tahu kerusakan apa saja yang pernah terjadi. Oleh karena itu kita harus aktif untuk menanyakan kepada penjual dan membaca dengan cermat deskripsi barang tersebut.

5. Selalu rekam barang yang diterima ketika akan membuka

Ketika barang pesanan kita sudah sampai ditangan kita. sebelum membukanya maka siapkan dulu sebuah alat perekam atau smartphone mu untuk merekam proses unboxing barang tersebut. Kenapa? karena, seandainya barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang disampaikan penjual atau barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang ada di deskripsi barang. Maka kita bisa melakukan pengajuan pengembalian uang atau penukaran dengan barang yang sesuai pesanan.

Disinilah pentingnya merekam proses unboxing atau proses membuka barang pesanan dan juga riwayat percakapan kita dengan pedagang tersebut. Sehinga jika terjadi hal – hal yang tidak dinginkan maka kita bisa mengatasinya.

6. Menunggu dan berdoa

Setelah semua langkah – langkah untuk terhindar dari penipuan belanja online telah kita terapkan. Maka saat paling menyenangkan dan sangat lama adalah menunggu barang pesanan kita datang. Pasti kita akan ingin sesegera mungkin menerima barang dan membukanya. Ya memang ini salah satu kelemehan belanja online. kita tidak bisa langsung mendapatkan barang fisiknya. Berbeda jika beli di supermarket atau pasar.

Kesimpulan : berbelanja online adalah kegiatan yang mengasyikkan dan menghemat tenaga karena kita tidak perlu memnempuh perjalan untuk sampai di toko atau pasar. Cukup bermodalkan smartphone yang memiliki akses internet kita sudah bisa melakukan order atau pesanan langsung saat itu juga. Dibalik kelebihannya tersebut, banyak juga kekurangannya. Kita tidak bisa mencoba barang terlebih dahulu, barang tidak langsung diterima atau parahnya lagi kita tidak mendapat barang yang kita pesan atau dalam hal ini kita telah menjadi korban penipuan belanja online.

Semua resiko itu bisa kita hilangkan atau setidaknya kita minimalisir dengan berbagai tips yang julooid sudah berikan diatas. Tips diatas adalah berdasarkan pengalaman kami sendiri jadi bisa banget kamu terapkan ketika kamu ingin berbelanja online.

Bonus Tips

Selain 6 tips diatas ada bonus tips nih dari julooid agar kamu tidak menjadi korban penipuan belanja online yakni dengan selalu cek website julooid. Karena disini kami akan selalu memberikan rekomendasi barang – barang online berkualitas dan tentunya dari marketplace – marketplace terpercaya dan kamu bisa langsung checkout pesanan kamu di link yang ada di bawah produk rekomendasi dari kami.

Selalu pantau media sosial kami dan juga bookmark website ini agar selalu mendapat artikel teranyar dari kami.